Selasa, 01 November 2011

LANGKAH PEMERINTAH DAERAH MEMAJUKAN PERTANIAN DAN MENGGAIRAHKAN EKONOMI PERTANIAN

Sambas – Sebagai lumbung padi Kalbar, Kabupaten Sambas memiliki potensi untuk memajukan ekonomi masyarakat melalui pertanian. Untuk itu, penerapan Sistem Investigasi Desain (SID) yang didukung data awal konsep pertanian dipastikan mampu mengoptimalkan panen,SID, kata Ketua Ikasantan Kabupaten Sambas, Misni Safari SP, sudah pernah dilaksanakan di masa pemerintahan Ir H Burhanuddin A Rasyid sebagai Bupati Sambas tahun 2001.“Kala itu peningkatan produksi padi Kabupaten Sambas yang sebelumnya minus 3.000 ton, menjadi surplus 70.000 ton,” Untuk terus memotivasi semangat dan gairah petani mengembangkan hasil pertanian tegasnya, harus ada terobosan baru yang dapat dilakukan pemerintah sekarang.
“Ikasantan Kabupaten Sambas siap mendukung langkah pemerintah daerah memajukan pertanian dan menggairahkan ekonomi pertanian,” kata Misni usai bertemu anggota Komisi IV DPR RI, H Sukiman SPd MM, di Kota Pontianak, belum lama ini.
Misni mengungkapkan, sebagai anggota DPR RI asal Kalbar, Sukiman menyarankan Pemkab Sambas supaya menerapkan SID. “SID yang dimaksud sama dengan feasibility study (FS) dalam program pembangunan. Dari SID inilah Pemkab Sambas bisa mengusulkan anggaran bantuan pertanian kepada pemerintah pusat, khususnya pangan,” jelas Misni mengutip keterangan Sukiman.
Apabila SID sudah dilakukan dan dimiliki Pemkab Sambas, maka hal ini bisa menjadi dasar bagi pemerintah pusat untuk mengucurkan dana bantuan. Sebab, di dalam SID sudah terangkum data riil guna mendukung pemerintah pusat memajukan Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN). Tentunya hal ini akan mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat.
“Untuk memperoleh SID, Pemkab Sambas harus mengucurkan dana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sama halnya dengan melakukan FS, setelah masuk dalam anggaran, selanjutnya Pemkab Sambas melakukan pendataan dan survei indeks pertanian,” paparnya.
Ditegaskan Misni, kemajuan ekonomi dan infrastruktur dapat dilakukan dengan memajukan pertanian. Peningkatan pertanian harus terus dilakukan ingatnya, bila perlu pertanian Kabupaten Sambas mampu menyuplai kebutuhan beras Kalbar dan bisa disuplai keluar. “Terobosan seperti ini sudah harus dilakukan dari sekarang. Untuk mendukung majunya program pertanian di Kabupaten Sambas, Ikasantan siap mendukung Pemkab Sambas,” tegasnya. (edg)

http://www.equator-news.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar