Kamis, 03 November 2011

BIBIT KARET DARI MALAYSIA MERUSAK EKOSISTEM

SINTANG - Para petani karet Sintang pada khususnya dan Kalbar pada umumnya harus lebih waspada jika ingin mendapatkan bibit karet dengan harga murah. Karena sejak awal tahun 2011 ini di Sintang dan sekitarnya mulai beredar bibit karet asal Malaysia.

Bukan terletak dari negara tetangga mengapa bibit karet tersebut dinyatakan berbahaya, namun karena bibit yang ada mengandung bakteri yang membahayakan tanaman. Bahkan bisa menyebar ke tanaman karet masyarakat lain yang berimbas pada penurunan produksi karet.

Pelaksana tugas kepala dinas kehutanan dan perkebunan Kabupaten Sintang Drs E Gultom ketika dikonfirmasi, Kamis (3/11/2011) mengatakan, pihaknya sudah mencium masuknya bibit karet asal Malaysia tersebut sejak April 2011 yang lalu. Namun baru mengambil sampel dan membawa ke laboratorium Pontianak sekitar bulan Mei 2011 yang lalu.

"Dari hasil laboratorium menyatakan bahwa bibit tersebut memang sangat berbahaya, dan dapat menyebabkan kematian bagi tanaman lain yang ada disekitarnya. Makanya kita minta petani baik Sintang juga Kalbar berhati-hati dengan mulai masuknya bibit tersebut," katanya.

http://pontianak.tribunnews.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar