Jumat, 11 November 2011

KABUPATEN MELAWI SEBAGAI SENTRA BISNIS

NANGA PINOH – Dunia perdagangan di Melawi, khususnya ibu kotanya Nanga Pinoh sangat semarak. Untuk itu, Pemkab Melawi berkomitmen untuk menyediakan sarana jual beli tersebut. “Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk membangun pusat-pusat perdagangan yang di Nanga Pinoh. Kita gencar mengajukan proposal-proposal ke pemerintah pusat,” kata Kepala Disperindagkop Melawi Drs Jhon Murkanto MSi, belum lama ini.

Memang dinas ini berencana akan mengembangkan pusat perdagangan yang ada di Jalan Markasan. Selain itu lokasi tersebut, pusat perdagangan di ibukota Melawi terus dikembangkan dengan memberi peluang pada swasta untuk berperan. Lantaran tata kota Nanga Pinoh ini direncanakan dari Thalud hingga salah satu jembatan di Desa Tanjung Tengang.

Peluang tersebut serta-merta ditanggapi oleh pihak swasta dengan mendirikan rumah toko (ruko) di sepanjang Jalan Juang dan Jalan Provinsi. Bahkan, pengembangan pasar ini juga sampai ke pemukiman penduduk yang bukan berada di jalan utama. Salah satu yang sudah dibangun Pemkab Melawi adalah pasar tradisional yang ada di Desa Paal. Tentunya ini bagian dari dorongan Pemkab Melawi untuk mendorong terciptanya pusat-pusat bisnis Melawi.

“Kita berperan untuk mendorong terciptanya pusat-pusat bisnis di Kota Nanga Pinoh. Hingga bisa dimanfaatkan oleh warga dan diharapkan bermanfaat bagi warga pula,” jelas laki-laki berkacamata ini. Bukan hanya mendorong terbentuknya pusat bisnis di Nanga Pinoh, Pemkab Melawi juga berkeinginan untuk membentuk pusat-pusat bisnis di daerah baru. Yakni di ibu kota kecamatan yang ada di Melawi.

Bahkan, calon-calon pusat perdagangan hendaknya bukan hanya di ibu kota kecamatan atau ibu kota kabupaten. Namun, Pemkab juga mesti melirik pemukiman baru yang cocok dijadikan pusat perdagangan baru. Misalnya, di daerah-daerah yang dijadikan camp perusahaan kayu dan perusahaan sawit. Lantaran kawasan tersebut sangat berpotensi untuk dijadikan pusat bisnis.

http://www.equator-news.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar