Jumat, 23 September 2011

PERCEPATAN PEMBANGUNAN DI DAERAH PEDESAAN DAPAT TERWUJUD MELALUI PNPM

PUTUSSIBAU – Pembangunan merupakan hal yang sangat vital dalam daerah yang sedang berkembang. Kapuas Hulu adalah salah satu daerah kabupaten yang sedang berkembang sehingga pembangunan di segala faktor menjadi prioritas terutama di bidang infrastruktur.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) sebagai program nasional sangat membantu dalam membangun Kapuas Hulu terutama bagi daerah pedesaan. Program itu telah melakukan perubahan pembangunan daerah pedesaan di beberapa daerah seluruh Indonesia.

Kapuas Hulu menjadi salah satu daerah yang menerima efek positif dari program tersebut. Oleh karena itu sebuah kebahagiaan yang tak terhingga bagi masyarakat dengan adanya program PNPM itu. “Percepatan pembangunan di daerah pedesaan dapat terwujud melalui PNPM ini,” kata Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, beberapa waktu yang lalu. Dengan munculnya program itu pemerataan pembangunan di seluruh daerah akan terlaksana, dalam kurun beberapa tahun PNPM sudah dapat menunjukkan bukti programnya yang sudah bisa dinikmati masyarakat pedesaan.

Salah satunya yaitu pembangunan jalan dan jembatan di daerah pedalaman, pencapaian dari program ini adalah kesejahteraan masyarakat pedesaan di bidang pembangunan. Daerah pedesaan menjadi sasaran utama dalam program pemberdayaan, banyak daerah yang berubah secara drastis dengan masuknya PNPM itu. “Pembangunan dapat segera dirasakan oleh masyarakat pedesaan, walaupun daerah mereka merupakan daerah yang terisolasi,” ungkap Nasir. Semua proyek pembangunan PNPM dibiayai pemerintah pusat langsung, setiap daerah akan ditempati oleh dua orang fasilitator kecamatan untuk merencanakan setiap pembangunan tersebut sampai selesai.

Petugas PNPM itu akan menetap di satu kecamatan untuk melakukan pembangunan terhadap desa-desa yang perlu dibangun. Mereka akan berinteraksi dengan masyarakat sekitar dan mengupayakan apa yang menjadi keluhan masyarakat di bidang pembangunan.

“Program PNPM ini merupakan program yang paling sukses di antara program yang lain, bahkan luar negeri menyatakan akan mencontoh program PNPM ini,” ujarnya. Dia juga berharap program ini dapat berjalan lancar dan bisa bertahan lama dalam melakukan pembangunan. Tak hanya itu program itu juga membuat masyarakat lebih mengerti akan arti pembangunan bagi sebuah desa. “Masyarakat sebagai penerima pembangunan dapat menjaga dan melestarikan pembangunan itu dengan baik,”

http://www.equator-news.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar