Rabu, 28 September 2011

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM IRIGASI YANG TERPADU

SANGGAU - Kepala dinas pekerjaan umum (PU) Kabupaten Sanggau Ir Kukuh Triyatmaka MM mengatakan, terdapat proyek irigasi di Kecamatan Jangkang. Proyek tersebut diyakini rampung pada tahun 2011 ini sesuai dengan target awal yang sudah ditetapkan dalam pekerjaan awal proyek irigasi tersebut.

Saat ini dijelaskan Kukuh Triyatmaka, Rabu (28/09/2011) proyek irigasi Jangkang tersebut sudah terealisasi sekitar 76 persen dari total pekerjaan. Sehingga dirinya merasa yakin pekerjaan akan rampung sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

"Hanya saja kalau untuk operasional irigasi Jangkang tersebut tampaknya harus dilakukan evaluasi ulang. Mengingat ada beberapa penampungan air yang harus dibangun melengkapi bangunan irigasi yang sudah ada," tandasnya.

Diakui Kukuh, pekerjaan proyek pipanisasi Jangkang tersebut termasuk lemah dalam hal perencanaan. Mengingat dana yang dikucurkan pada saat awal pekerjaan terbilang tidak terduga pada awalnya, karena merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui dana tanggap bencana.

"Yang menjadi masalah utama fungsional irigasi tersebut nantinya adalah pada masyarakat disekitar yang belum memahami manfaat irigasi yang sudah dibangun. Karena selama ini mereka lebih suka menggunakan cara tradisional, padahal irigasi yang ada sendiri dimaksudkan untuk intensifikasi pertanian," tandasnya.

http://pontianak.tribunnews.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar