Rabu, 07 September 2011

MENINGKATKAN SDM DI KAPUAS HULU

PUTUSSIBAU-Reformasi di dunia pendidikan sudah berjalan, meskipun belum sesuai dengan yang diharapkan. Banyak sumbangan pemikiran untuk kemajuan dunia pendidikan di Kapuas Hulu. Salah satunya dari Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia periode 2000-2008, Iskandar.
Menurut Iskandar, minimnya guru di Kapuas Hulu bisa diatasi dengan mengangkat guru kontrak. ”Guru kontrak bisa menjadi solusi terhadap kekurangan guru di Kapuas Hulu khususnya di daerah pedalaman,” kata Iskandar yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Bina Marga Kapuas Hulu ini.
Sebaliknya kata Iskandar, agar guru kontrak tidak menuntut hak yang macam-macam, seperti pengangkatan menjadi PNS, dinas pendidikan bisa mengikat guru tersebut dengan perjanjian untuk tidak akan menuntut untuk diangkat menjadi PNS.
”Teknis administrasinya bisa dibuat, termasuk jika guru kontrak tersebut pergi meninggalkan tempat bisa dibuat perjanjian gugur dengan sendirinya,” ujar dia.
Iskandar mengaku prihatin dengan berbagai kasus sekolah yang minim guru. ”Sudah saatnya kita sebagai anak bangsa berpikir bagaimana memberdayakan SDM yang ada untuk membangun Kapuas Hulu secara berkelanjutan,” kata Iskandar yang pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Depdikbud 1995-2003 di Kecamatan Kalis ini.
Mestinya, kata dia, alokasi 20 persen dana pendidikan bisa digunakan untuk mengatasi kekurangan guru. ”Tenaga kontrak akan sangat dibutuhkan, salah satu untuk mengisi kebutuhan kekurangan guru di sekolah,” tukasnya.
Solusi lain kata dia, memberdayakan guru-guru tamatan DII dan tamatan STAIN Pontianak yang saat ini masih belum PNS dan sangat banyak di Kapuas Hulu.
Bagi sekolah yang kekurangan guru mengajar, dia menyarankan agar diberi tunjangan khusus bagi guru yang mengajar lebih dari jam-jam normal atau tunjangan kelas mengajar. ”Itu bisa dilakukan untuk merangsang guru yang mengajar di sekolah yang jumlah gurunya hanya terbatas sementara jumlah muridnya banyak,” tegas dia.
http://www.equator-news.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar