Minggu, 11 September 2011

PEMDA MENINGKATKAN IKLIM INVESTASI

SANGGAU--Tumpuan terakhir dalam upaya percepatan investasi di daerah adalah implementasi Inpres nomor 3 Tahun 2006, tentang Paket Kebijakan Perbaikan Iklim Investasi. Dari lima bidang yang dikemas dalam Inpres tersebut benar-benar sedang ditunggu implementasinya di Kabupaten Sanggau.“Pemerintah Kabupaten Sanggau tentunya tetap harus mengambil kebijakan yang bisa mendukung ke arah perbaikan investasi di daerah ini,” kata Fransiskus Ason, legislator Partai Golkar di DPRD Sanggau.Kebijakan tersebut diantaranya adalah memperkuat kelembagaan pelayanan investasi, dalam hal ini Kabupaten Sanggau sudah memiliki keinginan yang kuat, misalnya untuk melaksanakan sistem pelayanan terpadu. Kemudian, singkronisasi peraturan pusat dan daerah yang diharapkan terjalin komunikasi dua arah antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam merumuskan kebijakan yang menyangkut kepentingan kedua belah pihak. Sementara itu debirokratisasi di bidang cukai, selama ini terjadi seringnya perubahan dalam hal aturan fiscal.


Debirokratisasi di bidang cukai ini sangat dibutuhkan oleh Kabupaten Sanggau bukan saja dalam konteks umum, namun juga dalam kerangka kerjasama khusus dengan negara bagian Sarawak, Malaysia. Mengingat kondisi spesifik Kabupaten Sanggau yang unik dibandingkan dengan daerah lainnya, maka diperlukan perlakukan khusus untuk advantages (keuntungan) yang lebih besar dari negara tetangga yang lebih maju.Kemudian mengenai insentif perpajakan untuk investasi, dalam konteks ini diharapkan agar lebih memihak kepada daerah yang infrastrukturnya kurang memadai. Jika insentif disamaratakan di semua daerah, maka akan terjadi ketidakadilan. Sebab, daerah yang kurang menarik minat investor akan semakin tertinggal dibandingkan dengan daerah lain yang lebih maju.


Yang tidak kalah pentingnya adalah, dengan mempercepat proses perizinan ketenagakerjaan guna menciptakan pasar tenaga kerja yang fleksibel dan produktivitas yang perlu terus didorong. "Karenanya sangat diharapkan implementasi dari Inpres tersebut bagi perbaikan iklim investasi di daerah ini," tandas ketua Partai Golkar Kabupaten Sanggau tersebut .
http://www.pontianakpost.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar