Senin, 19 September 2011

ALAT TRANSPORTASI PENTING UNTUK PEDESAAN

PUTUSSIBAU – Bagi masyarakat pedesaan, alat transportasi akan terasa sangat penting untuk menghubungkan mereka ke kota atau daerah lain dalam memenuhi segala kebutuhannya. Jarak desa dengan kota yang jauh akan menjadi penghambat terhadap pertumbuhan desa. Tanpa adanya alat transportasi semuanya akan terasa sulit.

Apalagi daerah Kapuas Hulu memiliki daerah yang sangat luas, sehingga kebutuhan alat transportasi bagi masyarakat, sangat menunjang aktivitas mereka di segala bidang, baik itu kebutuhan sehari-hari maupun kegiatan perekonomian. Oleh karena itu pada tahun 2011 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu akan memberikan bantuan alat transportasi terhadap daerah pedesaan, khususnya bagi daerah perbatasan yang jauh dari kota.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, mengatakan dengan adanya bantuan alat transportasi itu diharapkan akan membantu meningkatkan kehidupan masyarakat di daerah pedesaan. Kata Nasir, alat transportasi tersebut akan berguna bagi masyarakat sebagai penghubung dari daerah satu ke daerah lainnya. Hal itu akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pada umumnya. Nantinya, masyarakat pedesaan Kapuas Hulu yang mayoritas petani akan lebih mudah dalam menjual hasil panennya dengan menggunakan alat transportasi tersebut.

Proses penyerahannya, kata Nasir, alat transportasi itu akan diserahkan kepada desa-desa tertentu melalui koperasi sebagai pengelolanya. Untuk pengelolaannya sepenuhnya akan diserahkan kepada koperasi pengelola. Kendaraan akan membutuhkan biaya perawatan dan operasional, semuanya koperasi yang mengurus selaku pengelola dan penanggung jawab dalam hal ini,” ucapnya.

Menurut Nasir, adanya alat transportasi itu bisa memberikan dampak positif dalam kehidupan masyarakat, selain itu juga kesejahteraan di bidang kesehatan akan semakin terjamin. Masyarakat yang sakit bisa segera dibawa ke puskesmas ataupun langsung dirujuk ke rumah sakit di kota, peranan alat penghubung itu akan menjadi hal yang sangat krusial dalam kehidupan, setiap kebutuhan diperlukan transportasi agar terlaksana dengan baik, sebaliknya akan menjadi hambatan besar jika alat transportasi itu tidak ada. Seperti saat ini, penghubung masyarakat desa dengan kota sangat minim sekali, imbasnya segala keperluan akan terasa lambat karena transportasi yang susah didapatkan.

Hubungan antara daerah ke daerah lain menjadi sulit dilakukan padahal kita sebagai manusia sosial tidak akan terlepas dari hubungan antarsesama, apalagi berkaitan dengan masalah perniagaan, barang-barang harus didatangkan itu memerlukan alat transportasi. Begitu juga jika kita ingin menjual hasil daerah baik itu hasil panen ataupun hasil alam di daerah kita,” pungkasnya. (Azl)

http://www.equator-news.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar