Selasa, 27 September 2011

HUTAN INI PARU - PARU DUNIA

NGABANG – Pemerintah Kabupaten Landak membangun kawasan hutan kota seluas delapan hektare di Desa Mungguk, Kecamatan Ngabang. “Kawasan hutan kota yang kita bangun sudah masuk dalam tahap pengembangan dan panataan kawasan,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Landak, Vinsensius, belum lama ini.

Selain pohon kayu di kawasan itu, ditanam jenis buah-buahan hutan seperti pengan, durian, kelawit, kayu trembesi, belian, angkaras, dan jenis buah dan tanaman hutan lain. “Kawasan itu sudah disertifikasi sambil menunggu proses balik nama. Sehingga keberadaan kawasan hutan ini sudah jelas. Tinggal menunggu tahap demi tahap untuk membangunnya,” ujar Vinsensius.

Vinsensius mengatakan, ke depan kawasan hutan ini akan menjadi penyangga dan menjadi paru-paru dunia. Karena yang namanya hutan harus dijaga dan lestarikan. “Jadi tidak boleh kita apa-apakan, kecuali membersihkan tumbuh-tumbuhan seperti parasit atau tumbuhan yang mengganggu,” papar Vinsensius.

Ia mengatakan, pengembangan kawasan hutan sudah dipersiapkan bibit yang akan ditanamkan. Terutama jenis buah-buahan hutan. ”Keinginan kita di kawasan ini nantinya akan menjadi kawasan yang bermanfaat. Ini artinya selain berfungsi sebagai kawasan hutan, di samping itu ada buah-buahan hutan sehingga jenis itu tidak menjadi langka,” ungkap Vinsensius.

Vinsensius berharap, dalam pengembangan hutan kota di Kabupaten Landak itu harus mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat. Jangan sampai ada yang melakukan penebangan atau melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan hutan.
”Jadi hutan tetap harus dihutankan. Jadi kalau memang ada yang menebang kayu di kawasan ini, maka dia akan berhadapan dengan hukum,” tegas Vinsensius.

http://www.equator-news.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar