Rabu, 24 Agustus 2011

Kabupaten Landak Terima Penghargaan Surplus Beras

Bupati Landak, Adroianus Asia Sidot, menerima penghargaan dari presiden, karena menjadi daerah yang surplus beras sesuai dengan target pemerintah. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Landak, Padu Palimbong, menjelaskan, penghargaan presiden diberikan kepada kepala daerah yang dapat tingkatkan produksi beras di atas 5 persen. Ini kali ketiga bupati Landak menerima penghargaan. Kita bertekad untuk tingkatkan terus, tak hanya pertanian namun juga perikanan dan peternakan, ujar Kepala Distannak Landak, Padu Palimbong.

Pengharhgaan tersebut, terkait erat dengan ketahanan pangan. Ia menyatakan, secara teknis, bahan pangan sangat beragam, tak hanya beras, namun juga umbian, nabati, maupun hewani.
Sukses surplus sangat dipengaruhi banyak faktor, seperti ketersediaan lahan pangan berkelanjutan, sarana-prasarana pertanian, serta kondisi iklim. Bila iklim mendukung, sarana produksi mendukung, maka produksi semakin meningkat.

Untuk lahan sawah di Landak, masih bisa terus ditingkatkan produksinya.  Saat ini  produksi beras landak sekitar 209,9 ribu ton, akan diupayakan peningkatan produksi diatas 5 persen.
Untuk Kalbar, produksi beras landak masih bisa ditingkatkan. Kita masih bisa mengejar produksi 6 ton per hektare, karena rata-rata produksi hanya 
3,6 ton saja per hektare," pungkas Kepala Distannak Landak.
(jgp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar