Minggu, 11 Desember 2011

PROGRAM TRANSMIGRASI UNTUK MEMPERCEPAT KEMANDIRIAN PANGAN DI KUBU RAYA

SUNGAI RAYA— Koordinator, Musa Spd Kubu Raya mengatakan program transmigrasi sesungguhnya membawa dampak baik bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Sebab dengan program ini kesempatan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan sebagai akses peningkatan kesejahteraan di berbagai lini kehidupan dapat berjalan. “Transmigrasi yang dilaksanakan seyogyanya memperhatikan clean dan clear agar pelaksanaan transmigrasi berjalan sukses,” katanya dalam siaran pers releasenya.
Menurut dia polemik program transmigrasi yang terjadi akhir-akhir ini seharusnya tidak perlu ruwet dan menjadi wacana di media massa. Seharusnya dengan kewenangannya, DPRD Kubu Raya memanggil semua pihak terkait persoalan transmigrasi di Kubu Raya. Tujuannya mensinergikan secara konprehensif program dimaksud.

”Eksekutif dan Legislatif harus duduk satu meja untuk mengclearkan masalah tersebut. Ini supaya program transmigrasi yang akan dilaksanakan tidak sia-sia. Proporsi calon transmigrasi yang akan menempati lokasi baru tersebut adalah 50 persen dari daerah setempat dan 50 persen dari luar daerah yang dituju dengan perimbangannya masing-masing melibatkan warga lokal setempat dan pendatang,” ucapnya.

Supaya polemik ini tidak bergulir terus-menerus, lanjut dia, hendaknya pihak legislatif dan eksekutif lebih bijaksana dan duduk satu meja dalam menyelesaikan persoalan transmigrasi di Kecamatan Batu Ampar. Jangan biarkan masyarakat terus dibingunkan dengan membuat beberapa pernyataan yang terus mencuat di beberapa media massa. “Ini sesungguhnya tidak baik apabila digulirkan terus-menerus. Karena hanya akan memancing emosi masyarakat yang masih kurang memahami betul tentang esensi dari keberadaan program transmigrasi dan pada akhirnya yang dirugikan adalah masyarakat kecil. Makanya sosialisasi tentang transmigrasi di Kubu Raya sangat penting dan harus terus di sosialisasikkan kepada masyarakat,” kata dia.

Ia menambahkan program penempatan warga transmigrasi di desa layak diprioritaskan di Kubu Raya. Namun demikian keterlibatan dari warga setempat tentunya lebih diprioritaskan. Seluruh komponen masyarakat dan stakeholder di desa atau pemerintah Kubu Raya harus terlibat. Sebab masalah transmigrasi adalah salah satu program produktif yang diharapkan mampu untuk menindaklanjuti lahan-lahan kurang terkelola dan terkesan kurang produktif. ”Dengan adanya program transmigrasi ini, tentunya pemerataan pembangunan dapat lebih dipercepat, sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di Kubu Raya,” ujarnya.

Selain itu juga pemerintah Kubu Raya melalui Dinas Pertanian dan Peternakan saat ini sedang menggalakkan program penggalakan pertanian yang diharapkan mampu mendongkrak hasil panen masyarakat di Kubu Raya. Salah satunya ada di desa Kecamatan Batu Ampar. Ini tidak lain guna merealisasikan kemandirian pangan, melalui program transmigrasi sebagai salah satu yang perlu didukung untuk mempercepat kemandirian pangan di Kubu Raya.(*_*)

http://www.pontianakpost.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar