Jumat, 09 Desember 2011

BERSAMA MENINGKATKAN KESEJAHTRAAN DAN KEMAJUAN DAERAH

SANGGAU – Bertahun-tahun sudah warga Dusun Nek Sawak, Meliau merajut mimpi agar wilayah tersebut menjadi sebuah desa. Akhirnya mimpi itu menjadi sebuah kenyataan. Dusun yang cukup ramai itu resmi menjadi sebuah desa yang bernama Melawi Makmur, setelah Wakil Bupati Sanggau Paolus Hadi SIP MSi mengantarkan secara langsung ke masyarakat setempat berkas Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sanggau Nomor 3 Tahun 2011 tentang Pembentukan Desa Melawi Makmur, Kecamatan Meliau, Senin (5/12) kemarin lalu.
Kedatangan Wakil Bupati Sanggau disambut dengan gegap gempita masyarakat setempat. Wajah-wajah ceria dengan akrab menyapa iring-iringan rombongan wakil bupati memasuki wilayah tersebut.
Wilayah desa itu membawahi tiga dusun, masing-masing Nek Sawak, Suak Mansi, dan Landau. Hingga sekarang, Kabupaten Sanggau telah memiliki 163 desa, 760 dusun, dan 6 kelurahan.
Hadir dalam kesempatan itu, Camat Meliau Drs Untung Wayah, Kepala Desa Pampang Dua Komaruddin, dan beberapa kepala SKPD di Pemkab Sanggau.
“Kita minta agar semangat gotong royong dan kebersamaan tetap terpelihara. Soalnya, mulai sekarang harus dipersiapkan pembentukan pemerintahan desa. Tentunya dengan memulai proses pencalonan dan pemilihan seorang kepala desa. Kemudian berikut perangkat. Nah, untuk itu pilihlah figur yang mampu dan memahami desa serta mau berkorban demi kemajuan desa,” ujar Hadi dalam sambutannya saat sosialisasi desa baru itu.
Dipaparkan, saat ini apa yang telah didambakan masyarakat setempat telah terwujud. Hal itu berkat perjuangan semua pihak. Ke depan jelas akan ada pemerintahan desa. Maka, pelayanan kepada masyarakat tentunya akan lebih optimal.
“Mewujudkan otonomi daerah sangatlah penting. Karena desa merupakan pusat pelayanan terdepan kepada masyarakat. Visi Sanggau Bangkit dan Terdepan tidak pernah terwujud jika masyarakat tidak berpartisipasi secara aktif. Saya berharap agar seluruh masyarakat bekerja sama dengan semua pihak untuk mencapai pembangunan yang berguna dan berhasil guna demi kemakmuran bersama,” tuturnya panjang lebar.
Kesempatan itu, Wakil Bupati Sanggau menyerahkan bantuan kepada panitia pelaksana kegiatan tersebut.
Kepala Desa Pampang Dua Komarudin mengatakan proses pembentukan desa telah dimulai sejak tahun 2009 lalu. Hal itu terwujud berkat dukungan seluruh masyarakat serta pihak Kecamatan Meliau dan Pemkab.
“Kita berharap, ke depan desa ini bisa mandiri dan maju. Keberhasilan ini cukup panjang perjuangannya,” tukas pria yang terbilang cukup vokal ini.
http://www.equator-news.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar